Kehadiran mobil bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) di Indonesia belakangan ini tak lepas dari peran dua penguasa segmen otomotif yakni Toyota dan Mitsubishi. Persaingan kedua segmen mobil yang berbasis di Jepang ini kian memanas ketika masing-masing dari mereka merilis mobil SUV, yakni Toyota dengan All New Toyota Fortuner, dan Mitsubishi dengan All New Mitsubishi Pajero Sport. Bahkan mereka mengambil waktu peluncuran masing-masing andalan SUV ini dalam waktu yang berdekatan. Kedua mobil SUV ini memang diketahui memiliki rivalitas kuat dalam segi penjualan, serta saling head to head di industri mobil Tanah Air.

honda2

Tidak berhenti sampai disitu saja, segmen penjualan otomotif lainnya yang dimiliki Honda juga ternyata bergeliat. Honda akan menghadirkan SUV penantang Fortuner dan Pajero. Melihat gurihnya segmen SUV 7 penumpang yang kini diperebutkan oleh Toyota dan Mitsubishi, yang banyak menjadi perhatian publik adalah Honda yang terkesan tidak terpengaruh untuk bertarung di segmen High-SUV 7 penumpang. Ternyata saat ini Honda lebih senang memasarkan BR-V yang notabene merupakan mobil segmen crossover, kendati tidak pantas bersaing dengan Fortuner maupun Pajero Sport. Tetapi dibalik ketenangan dan diamnya Honda tetap menebarkan ancaman. Diakui oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), pihaknya tengah melakukan studi lanjut mengenai perlu tidaknya menghadirkan penantang Fortuner dan Pajero Sport.

honda1

Sejauh ini,  Honda memang belum memiliki penanding Fortuner dan Pajero Sport yang berupa SUV 7 (7 seater). Tetapi bagi Honda, saat ini konsumen juga sudah puas dengan CR-V yang menawarkan kapasitas penumpang 7 orang dengan bangku tambahan. Untuk jangka pendek, saat ini HPM merasa sudah cukup dengan Honda CR-V yang memang diplot bertarung di segmen SUV. Menurut Honda, kehadiran generasi baru CR-V sudah mumpuni untuk ikut bersaing, mengingat mobil ini lengkap dengan fitur unggulan yang tak dimiliki kompetitor.