Anda yang memiliki mobil dan bisanya memeriksa semuanya sendiri untuk check up sebaiknya mengertii banyak hal yang penting untuk anda terapkan. Ada banyak hal yang justru sering dilupakan orang-orang ketika mengecek mobil mereka. Salah satunya adalah ketika memeriksa dan hendak mengganti mobil. Mengganti oli adalah salah satu perawatan reguler pada kendaraan, termasuk mobil pribadi. Saat oli diganti, maka oli tersebut haruslah kotor. Kekotoran inilah yang menandakan oli bekerja dengan baik.

oli3

Instructor Technical Training PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa seharusnya setelah 10.000 km, oli berubah warna. Jika warna oli berubah, artinya oli benar-benar membersihkan komponen internal mesin. Seandainya ketika diganti oli masih bening, maka itu sebetulnya tidak cocok untuk mesin, atau ada bagian mesin yang bermasalah. Jika olinya tetap bening, ketika mesin dibongkar, maka mesin akan sangat kotor sekali sampai ke komponen-komponennya.

oli 1

Saran yang seharusnya diikuti oleh para pemilik mobil untuk memilih oli mobil adalah yang sesuai dengan Petunjuk yang ada di Buku Pedoman, atau menggunakan oli yang encer. Mengapa harus menggunakan oli yang relatif encer? Karena di era sekarang, komponen oli makin rapat dan juga komponen mesin yang sangat rapat.

Baca Lainnya   Ingin Beli Mobil Sedan?