Aksi sosial yang diusung oleh Datsun sudah sampai ke Kalimantan Barat kemarin. Agenda yang diberi nama Datsun Risers Expedition (DRE) tersebut pada tanggal 27 Januari 2016 kemarin sudah mencapai ke bagian ujung Kalimantan Barat, yakni menyampaikan bantuan untuk siswa-siswi di SDN 12 Saham, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Untuk mencapai tempat tersebut, rombongan memulai perjalanan dari Kota Pontianak. Perjalanan yang menempuh jarak sejauh 200 km tersebut diselesaikan dalam waktu sampai dengan 3,5 jam.

datsun3

Sesampainya disana, rombongan disambut puluhan siswa-siswi beserta penduduk lokal di salah satu lokasi wisata, rumah adat yang melebar (sering dikatakan memanjang) atau dikenal dengan sebutan rumah betang. Rumah bentang ini merupakan tempat tinggal selebar 180,6 m, terlebar di Saham. Ada lebih dari 40 keluarga suku Dayak Kanayatn yang meninggalinya. Bila dilihat dari depan, rumah betang seperti satu bangunan besar karena bagian “teras” menyatu. Namun ketika ditengkok ke dalam bisa ketahuan sebenarnya terdiri dari banyak rumah yang tidak berhimpitan. Satu rumah biasanya diisi dua sampai tiga keluarga. Penghuninya orang tua serta keluarga anaknya, Populasi di rumah betang ini sekarang 72 laki-laki dan 76 wanita, semakin sedikit dibanding dulu.

Ketika rombongan dari Datsun tiba, anak-anak yang kebanyakan tinggal di rumah betang mengeluarkan ekspresi riang dan penuh sukacita. Selanjutnya, aktivitas dimulai dengan pengenalan masing-masing pihak, lalu dilanjutkan penyerahan donasi berupa sejumlah uang, buku-buku pendidikan, dan acara hiburan segar.

datsun2

Momen kunjungan yang dilakukan oleh Datsun Indonesia ini sangat langka. Kegiatan sosial yang diadakan bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi daerah yang diikunjungi, terutama merangsang anak-anak untuk giat meraih cita-cita. Pada sela acara, 15 “Risers” (peserta DRE) membentuk kelompok kecil, masing-masing berada lebih dekat untuk menceritakan pengalaman hidup buat siswa-siswi. Para Risers berasal dari berbagai latar belakang, yaitu Kompasianer, penggiat media sosial, dan perwakilan Nissan Motor Indonesia.

Baca Lainnya   Cegah Ban Mobil Cepat Aus

Walaupun bukan area otomotif yang digalakkan, program ini intinya bertujuan untuk melakukan pendekatan ringan dan bersahabat agar siswa-siswi lebih semangat menghadapi masa depan. Bagaimanapun juga masa depan Indonesia ada di tangan mereka. Tim Datsun Indonesia ini akan segera melanjutkan perjalanan menuju perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, dan akan menjadi pencapaian tertinggi sepanjang program ini dibuat.