Bagi anda yang memiliki kendaraan, terutam mobil, dan juga tinggal di perkotaan yang relatif memiliki udara yang panas dan padat, pasti anda mengutamakan AC mobil anda untuk prima dan selalu bisa digunakan. Maka itu, perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan, agar AC mobil dapat selalu berada dalam kondisi prima. Sayangnya, banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan perawatan AC. Alhasil, AC mobil mulai bermasalah, hingga kemudian menjadi rusak. Seharusnya, semua pemilik mobil selalu mengantisipasinya. Sebelum AC mobil rusak semakin parah, sebaiknya Anda perlu mengenal beberapa gejala atau ciri-ciri AC mobil bermasalah. Hal ini dikarenakan, tanpa perawatan yang tepat, maka AC mobil akan mudah rusak.

Masalah yang biasa muncul bisa dirasakan dari suhu atau tingkat dingin yang mulai kurang terasa dari biasanya. Untuk mendeteksi AC mobil bermasalah, bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap filter AC. Umumnya, filter AC ada di balik dashboard mobil dan tersembunyi. Filter AC berfungsi untuk menyaring debu dari karpet dan udara yang kemudian akan dihisap ke blower AC. Jika sudah kotor, udara yang bisa melewati filter juga semakin berkurang. Jadi, anda harus memastikan filter AC selalu dalam kondisi bersih. Biasanya, penggantian filter AC dilakukan setiap lima ribu kilometer.

ac2

Komponen lain yang biasanya juga harus dilihay untuk mengenali gejala AC mobil bermasalah adalah kondensornya yang kotor atau rusak. Kondensor AC mobil biasanya terletak pada bagian depan mobil. Karena ada di posisi tersebut, kondensor rentan kotor terkena air, debu atau kotoran di jalan. Untuk membersihkannya, biasa digunakan air bertekanan agar kotoran yang menempel dapat rontok. Pastikan juga tidak ada bagian sirip kondensor yang tertekuk apalagi sampai bocor atau patah. Ciri AC mobil bermasalah lainnya yakni keluarnya asap putih dari lubang atau kisi-kisi AC. Hal ini terjadi umumnya karena evaporator AC mengalami pembekuan karena kerusakan pada thermostat AC yang terus membuat kompresor bekerja walaupun suhu pada evaporator sudah tercapai. Akibatnya, evaporator membeku dan mengeluarkan asap putih. Jika evaporator dalam kondisi kotor karena saluran AC tidak menggunakan filter, atau filter AC sudah kotor dan rusak, maka evaporator rentan untuk rusak atau bocor.

Baca Lainnya   Apa Manfaat Mencuci Mesin Mobil?

Jika sudah menyangkut evaporator, pemilik kendaraan biasanya akan mendatangi bengkel spesialis AC untuk membersihkannya. Kalau mengalami kondisi ini saat sedang dalam perjalanan, maka gunakan heater agar es di evaporator dapat mencair. Jika AC mobil Anda tidak dilengkapi heater, maka turunkan, atau jangan gunakan suhu paling dingin, atau matikan AC sejenak.