Jika anda memperhatikan, pasti warna cat mobil menjadi salah satu ciri khas dari pemiliknya. Banyak orang yang menganalogikan selera dan sifat pemilik sebuah mobil dari warna mobil yang dimilikinya. Sebagai contohnya, warna putih yang melambangkan bersih dan elegan, sedangkan warna perak terlihat praktis dan enerjik. Tetapi warna-warna tersebut tidak akan menarik jika cat nya sudah pudar. Nah, perlu diketahui mengapa warna cat mobil tersebut bisa cepat pudar. Tentunya ada banyak sekali faktornya.

Faktor utama dan yang pertama adalah air. Kebanyakan orang menggunakan air untuk mencuci dan membersihkan bodi kendaraan yang kotor. Namun air juga bisa menjadi masalah serius yang dapat membuat cat mobil menjadi kusam dan pudar. Air yang mengering dengan sendirinya di permukaan cat mobil akan membuat warna cat memudar dan muncul jamur. Jadi semua orang yang membersihkan mobil menggunakan air harus sesegera mungkin mengelap air di body mobil tersebut hingga bersih.

cat2

Faktor kedua adalah debu. Debu yang menempel pada bodi memang seharusnya dibersihkan agar kendaraan tidak terlihat kotor. Akan tetapi membersihkan debu dengan cara yang salah justru akan menimbulkan baret atau munculnya gores rambut pada bodi. Untuk itu, perhatikan dengan benar cara untuk menyingkirkan debu. Sebaiknya siram mobil terlebih dahulu dengan air yang mengalir dengan tekanan yang tinggi. Sehingga membantu debu membandel hilang, baru kemudian dilap hingga bersih.

Faktor ketiga adalah getah pohon. Ini berlaku bagi yang kerap memarkir kendaraan di bawah pohon agar tak terkena sinar matahari langsung. Tetapi hal ini justru menjadi ancaman, karena bisa jadi getah pohon jatuh dan menempel di bodi mobil. Getah pohon terkenal sangat mudah lengket dan sulit untuk dibersihkan jika sudah mengering. Dalam waktu lama, getah akan bereaksi dengan cat mobil dan akan sulit dihilangkan meski cat sudah dipoles sekalipun.

Baca Lainnya   Agar AC Mobil tidak Bau

cat3

Faktor keempat, kotoran hewan. Kotoran hewan terutama kotoran burung dan serangga memang kerap mengenai bodi mobil. Jika terkena hal seperti itu, sebaiknya langsung bersihkan dan jangan menunda-nunda untuk membersihkannya. Karena kotoran hewan memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat bereaksi pada cat dan membuatnya pudar. Awalnya akan berupa bercak, namun kemudian jadi sulit dihilangkan.