Semua orang menyadari bahwa mudik atau perjalanan pulang kampung ketika liburan lebaran adalah momen yang paling padat, apalagi di jalan raya. Semua orang berrebut untuk paling cepat tiba di tempat tujuan. Tidak hanya untuk pulang ke kampung halaman, tetapi juga berwisata dengan keluarga tercinta. Tetapi, di masa tersebut juga disebut menjadi masa yang paling membahayakan di jalan raya, dan akhirnya angka kecelakaan dan angka kematian menjulang.

komponen4
Cek Komponen Mobil sebelum Mudik

Salah satu faktor yang mempengaruhi angka kecelakaan adalah kendaraan yang tidak dilengkapi suku cadang tepat. Kondisi ini berdampak pada hambatan performa kendaraan. Pengemudi juga kerap meremehkan bagian-bagian terkecil terkait kelayakan berkendara. Pemilihan beberapa komponen sederhana seperti busi, aki, atau bohlam bisa mempengaruhi kondisi kendaraan, terutama untuk perjalanan jarak dan waktu tempuh yang cukup panjang. Kebanyakan orang hanya memeriksa dan memperdulikan komponen-komponen mobil yang besar dan kelihatan, misalnya ban.

mechanic changing a car wheel.
Cek Komponen Mobil sebelum Mudik

Sesungguhnya, data insiden kecelakaan yang terjadi selama mudik bisa dianalisa. Seperti yang dilakukan oleh Bosch, yang memprogramkan sebuah kampanye¬†“One Wrong Part Ruins Everything”, dengan harapan dapat mengedukasi konsumen mengenai pentingnya memilih komponen mobil berkualitas. Konsumen di Indonesia perlu diajak untuk cerdas dalam memilih suku cadang yangtepat dan cerdas untuk melakukan pengecekan kendaraan. Tidak hanya untuk komponen mayor, tetapi juga bagian-bagian kecil dalam mobil. Hasilnya apa, agar selama perjalanan, kendaraan bisa berfungsi dengan optimal dan memberikan kenyamanan pada penumpangnya.

komponen1
Cek Komponen Mobil sebelum Mudik

Mobil juga harus diperiksa secara menyeluruh sebelum anda mudik, mulai dari perbaikan ringan yang berupa tune up, pemeriksaan standar, hingga penggantian oli, juga dengan perbaikan yang menyeluruh, yang meliputi penggantian busi, bantalan rem, wiper, filter atau saringan udara. Kegiatan ini akan memastikan kelayakan dan keamanan kendaraan anda untuk dikendarai. Dengan kepedulian dari masing-masing pengendara untuk merawat komponen mobil sampai sedetail mungkin, diharapkan angka kecelakaan ketika liburan lebaran bisa diminimalkan.

Baca Lainnya   A first glimpse at Java 9: Early access release of JDK9 on OpenJDK
komponen3
Cek Komponen Mobil sebelum Mudik