Beberapa kali Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengeluarkan data-data kecelakaan lalu lintas dari seluruh penjuru Indonesia. Misalnya, sejak tahun 2011 – 2014, jumlah angka kecelakaan di Indonesia melebihi 100.000 kasus per tahun dengan puncaknya pada tahun 2012, yakni dengan 117 ribu peristiwa kecelakaan. Kemudian, jumlah kematian terbanyak terjadi pada 2011 dengan 31.195 orang. Ini artinya setiap hari terdapat 85,5 orang tewas per hari atau setiap jam sekitar 3,6 orang mati.

fokus4
Fokus dalam Mengemudi akan Meningkatkan Keamanan Lalu Lintas

Data yang dikeluarkan juga mencangkup perbandingan kecelakaan yang terjadi oleh sepeda motor ataupun mobil. Sungguh ironis, ternyata kebanyakan dari kecelakaan yang terjadi adalah karena ketidakfokusan pengemudi/pengendaranya. Perlu diingat, mengemudi merupakan sebuah aktivitas multi-tasking. Jalan raya sebuah fasilitas bersama dan nyaris tidak terbatas, siapa saja ada di sana, baik anak-anak, orang buta, orang gila, orang yang sedang stres bahkan orang mabuk dapat saja ada di sana.

fokus2
Fokus dalam Mengemudi akan Meningkatkan Keamanan Lalu Lintas

Oleh sebab itu, setiap orang yang ada didalamnya, bertanggung jawab untuk setiap kejadian yang terjadi. Sebelum berkendara, pastikan kondisi kendaraan telah diperiksa dan yakin semuanya dalam kondisi layak jalan. Kondisi kendaraan yang siap membuat perjalanan nyaman, lancar dan pengemudi tidak stres. Tinggalkan segala masalah baik mental atau fisik saat merencanakan dan mengoperasikan kendaraan bermotor. Hal ini terkait fisik seperti sakit, keseleo, dan sebagainya, akan membuat keterbatasan gerak dalam mengoperasikan kendaraan. Masalah keluarga, pekerjaan atau finansial yang berat akan mengurangi konsentrasi mengemudi. Di saat itulah kualitas safety Anda akan segera menurun.

nyetir3
Fokus dalam Mengemudi akan Meningkatkan Keamanan Lalu Lintas

Anda harus mengupayakan untuk fokus dengan maksimal dalam mengemudi, dan lupakan atau hilangkan sejenak pemikiran-pemikiran lain yang bisa merusak konsentrasi. Jika pengemudi sedang berkonsentrasi, seharusnya mereka tidak mengerem mendadak, tidak melakukan manuver mendadak, tidak kaget atas kejadian yang ada dimukanya, pergerakan kendaraan walaupun tidak terlalu pelan selalu halus, bagi penumpangnya mereka merasa nyaman dikemudikan si pengemudi.

Baca Lainnya   All New Fortuner, Lebih Mahal 28 Juta dan Lebih Irit 10%
fokus1
Fokus dalam Mengemudi akan Meningkatkan Keamanan Lalu Lintas

Pengemudi yang selalu mengutamakan keselamatan, selain tertib berlalulintas ia memiliki pattern mengemudi antisipatif. Dalam artian selalu mengecek kaca-kaca spionnya, kemudian mengerti apa yang tertangkap dengan matanya, memastikan situasi belakang atau samping aman sebelum ia melakukan keputusan sebuah manuver. Dengan hal demikian, maka anda seharusnya akan memperoleh kenyamanan dan keamanan lebih ketika mengemudi.