Keluhan yang sesekali muncul dari pengendara mobil adalah suara-suara berisik ketika mobil sedang dikendarai. Bunyi berisik tersebut muncul dari bagian bawah atau kaki-kaki mobil. Terkadang orang sudah membawanya ke tempat service, tetapi suara tersebut akan kembali lagi setelah reda beberapa waktu. Lalu apa sih penyebab munculnya suara tersebut, dan bagaimana caranya agar suara tersebut dapat hilang?

mobil-berisik4
Mobil Nyaman tidak Berisik

Pertama kalinya, ada harus memastikan bunyi tersebut muncul ketika anda melewati jalan yang kondisinya seperti apa, apakah jalan lurus di tol, jalan berkerikil, jalan bergelombang, atau jalan rusak dengan kondisi yang bervariasi. Selanjutnya, anda juga harus sedikit tahu tentang beberapa penyebab datangnya bunyi tersebut. Pada komponen steering, Steering shaft yang berada di dalam rack steer apabila terjadi keausan bisa menimbulkan berisik saat melalu jalan yang berfariasi. Selain itu,  kalau terjadi oblak pada Long tie rod (leng tie rod) akan menimbulkan bunyi berisik. Begitu juga pada tie rod end, ball joint, atau link stabilizer.

mobil-berisik3
Mobil Nyaman tidak Berisik

Pada bagian shock absorber, jika karet pendukungnya pecah atau dalam kondisi keras, maka akan menimbulkan bunyi yang beriksik. Apalagi jika shock absorbernya bocor, maka bunyi berisik tersebut akan semakin terdengar. Jika tidak dari bagian-bagian tersebut, mungkin bunyi berisik muncul dari bearing roda depan yang rusak atau aus, atapun juga tidak rata karena benjolan. Terakhir, penyebab munculnya bunyi berisik pada kendaraan anda adalah karena adanya baut-baut yang kendor atau tidak rapat.

mobil-berisik2
Mobil Nyaman tidak Berisik

Solusi pertama yang paling cepat untuk mengetahui penyebab bunyi berisik tersebut adalah menggunakan sound detector. Alat tersebut diletakkan pada atas mobil anda, dan anda mengetesnya dengan menjalankan mobil. Jika tidak dengan cara tersebut, maka sang mekanik harus memeriksa semua komponen mobil sampai mendapatkan penyebab bunyi berisik tersebut.

Baca Lainnya   Apa Efek Bermusik Kencang di Mobil?