Tips-FEMAX-cara-berkendara-aman-saat-banjir

Di musim penghujan seperti ini, anda pasti akan was-was jika harus mengendarai kendaraan, mobil misalnya. Ketakutan ini disebabkan karena akan ada banyak sekali halangan dan juga kesulitan ketika anda berkendara. Apalagi jika jalanan yang akan anda lewati adalah jalanan yang rawan banjir. Menghadapi banjir bukan hanya tentang kemampuan mobil melintasi genangan air, tetapi juga menyangkut perilaku pengemudi. Keselamatan berkendara dipengaruhi oleh keyakinan dan keputusan pengemudinya sendiri.

lala1
Mengemudi dengan Yakin di Tengah Banjir

Ketika berkendara dimusim hujan, tentu kecepatan kita hanya setengah dari biasanya atau di musim kering. Tapi kenyataannya, kalau sedang terburu-buru kadang hal itu tidak terjadi. Sebelum berani menerjang banjir, hal utama yang harus diperhatikan adalah ketinggian posisi saluran isap udara mesin. Menyepelekan menerobos banjir asal knalpot tidak kemasukan air dianggap kurang tepat, air tidak masuk ke saluran isap lebih penting karena diibaratkan seperti “hidung” mobil. Pada mesin kendaraan, air yang masuk akan mengaibatkan water hammer dan merusak sistem kerja medin kendaraan anda.

lala2
Mengemudi dengan Yakin di Tengah Banjir

Saat banjir, mobil berumur ataupun baru dengan teknologi modern memiliki risiko yang sama. Semua hambatan yang terjadi dalam kondisi biasa akan semakin parah ketika hujan. Banjir di jalanan tidak dapat dicegah. Jika ingin aman dan tidak ada halangan selama melintasi kawasan banjir, sebaiknya anda berkendara dengan hati-hati dan pelan, agar tidak berdampak buruk bagi mobil dan mesin anda.

Baca Lainnya   Siasat Menyetir Mobil ditengah Banjir