Nissan selama ini menjadi salah satu merk mobil yang khas. Jika dibandingkan dengan brand yang lain, keluaran Nissan memiliki kekuatan yang berkarakter desain yang unik. Keunikan dari bentukan mobil Nissan banyak yang menganggapnya tidak lazim seperti mobil-mobil keluaran brand lain. Bagi para pecinta mobil yang unik, Nissan adalah yang paling dicari. Tetapi diantara semua produk Nissan tersebut, ternyata ada salah satu model yang dianggap sebagai mobil terjelek di dunia.

11633902405_4d726dcf8b
Nissan S-Cargo, Desain Mobil Terjelek

Model Nissan yang dimaksud adalah S-Cargo. Mobil van bertampang tua ini diproduksi antara 1989 sampai 1991, yang diluncurkan pertama kali pada Tokyo Motor Show 1988. Uniknya, mobil angkutan barang ini terinspirasi dari desain Citroën 2CV Fourgonnette yang dijuluki sebagai siput. Bentuk dan rupanya memang menyerupai siput.

Nissan hanya memproduksi mobil siput ini berdasarkan pesanan. Jumlahnya pun cukup langka, hanya sekira 8 ribuan unit yang pernah dibuat. Nissan menamai S-Cargo ini sebagai singkatan dari Small Cargo yang berarti kargo kecil. Namun, orang yang membacanya seperti escargot, bahasa Prancis dari Siput.

1fc83020a02ba62dc83cd45b9656a03b
Nissan S-Cargo, Desain Mobil Terjelek

Lalu mengapa model S-Cargo ini disebut sebagai mobil siput? Desain kabin penumpang dan ruang penyimpanan pada S-Cargo ini bentuknya menjulang tinggi dengan atap membulat, sedangkan posisi kap cukup rendah dan overhang depannya pendek sehingga menyerupai siput. Mobil ini strukturnya juga unik karena miring dan ‘bungkuk’ ke depan. Untuk versi yang lebih canggih, Nissan menambahkan fitur atap kanvas yang dibuka secara elektrik. Padahal, masih banyak hewan lain sebagai dasar inspirasi desain mobil yang lebih menarik, hanya Nissan yang memilih siput sebagai bahan imajinasinya.

1987_nissan_s-cargo_concept_van_02
Nissan S-Cargo, Desain Mobil Terjelek

Alhasil dari berbagai macam model keluaran Nissan, S-Cargo berhasil menduduki model mobil terjelek dari semua jenis mobil yang ada di dunia ini.