Hal yang cukup menjengkelkan ketika kita melakukan perjalanan adalah mual atau kondisi badan yang tidak baik. Kondisi ini yang akan mengakibatkan mabuk perjalanan, dan itu akan sangat menyusahkan. Gejala mabuk perjalanan ini bisa menyerang semua orang. Kebanyakan, gejala ini sering sekali terjadi pada anak-anak, khususnya mereka yang baru pertama kali melakukan perjalanan. Lantas bagaimana cara mencegah dan mengatasi anak yang mengalami mabuk perjalanan?

mengatasi_anak_mabuk_perjalanan
Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah memastikan perut anak terisi. Jika belum, selama perjalanan berikan cemilan ringan agar perut anak tidak terasa sakit yang mendorong mabuk perjalanan muncul. Selanjutnya adalah mengalihkan perhatiannya dengan mengajak berbicara atau mendengarkan musik. Jangan berikan buku bacaan atau permainan digital, sebab kedua hal ini akan memicu mabuk perjalanan.

mual-mudik-berkendara-mobil-kapal-pesawat
Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Buka jendela kendaraan bisa menjadi salah satu cara mengurangi rasa mabuk perjalanan. Angin segar yang mengalir akan membuat anak lebih nyaman dan tak terasa penat. Selain itu, dengan membuka jendela, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan melihat keadaan sekitar. Hal ini membuat pikiran anak menjadi lebih fokus dan menyadari bahwa dirinya sedang melakukan pergerakan.

cara-mengatasi-mabuk-darat-pada-anak
Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Jika perjalanan Anda jauh, sering-seringlah melakukan perhentian. Ajak anak Anda berjalan-jalan agar gejala mabuk perjalanan mereda. Anda bisa memberikan si kecil obat-obatan yang membantu menenangkan gejala mabuk perjalanan. Namun, pastikan Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Lainnya   Apa Manfaat Mencuci Mesin Mobil?