Bertanggungjawab, inilah kesan pertama yang patut dilayangkan ke Volkswagen (VW). Pabrikan otomotif asal Jerman akan membeli kembali mobil diesel yang sudah beredar di pasaran, atau yang sudah dibeli oleh konsumen. Tindakan ini sangat tepat, menyusul munculnya masalah skandal emisi yang samai sekarang masih menjadi polemik di tengah konsumen.

cnnindonesiadotcom
Sumber : cnnindonesia.com

Kebijakan yang keluar untuk membeli kembali mobil diesel dari semua konsumen ini dilakukan karena untuk melakukan beberapa perbaikan masalah skandal emisi secara menyeluruh. Selain itu, pabrikan otomotif yang bermarkas di Jerman ini pun juga mengakui bahwa untuk melakukan perbaikan supaya kendaraan memiliki tingkat emisi yang sesuai, maka perlu membutuhkan modifikasi yang besar. Bahkan, sangat dipastikan bahwa proses pengerjannya sangat membutuhkan waktu yang lama.

newsdotokezonedo2tcom
Sumber : news.okezone.com

VW Group ternyata tidak hanya akan menarik satu jenis mobil saja, tetapi membeli kembali semua kendaraan diesel miliknya yang terdiriĀ atas beberapa merek yang berada di bawah bendera Volkswagen AG. Jika dihitung sampai saat ini, kini sudah tercatat ada sekitar 80 ribu unit kendaraan bermesin diesel V6 dengan kapasitas mesin sebesar 2,0 dan 3,0 liter akan segera dibeli kembali oleh VW. Bahkan, VW pun juga mengklaim, jika kendaraan yang bisa diperbaiki akan dibeli oleh pihak VW jika konsumen ingin menjualnya. Tentu, kebijakan ini harus dilakukan sebagai bentuk tanggungjawabnya terhadap mobil garapannya.

baruajadotcom
Sumber : baruaja.com

Jika menelisik mobil lain selain keluaran VW, ternyata ada 60 ribu unit kendaraan seperti Audi A8, Q5, Q7, Porsche Cayenne, dan VW Toureq yang juga terkena dampak sama, harus melakukan perbaikan perangkat lunak untuk menghasilkan kadar emisi sesuai standar regulasi. Dapat disimpulkan memang, bahwa mobil keluaran Eropa-lah yang banyak mengalami kasus permasalahan emisi ini.

Baca Lainnya   Agar AC Mobil tidak Bau
mobil123dotcom
Sumber : mobil123.com