Produk dari Tiongkok hampir merajai semua komponen kehidupan manusia di semua negara, termasuk di Indonesia. Semua produk Cina, termasuk produk otomotif juga mempunyai peranan penting dalam dunia otomotif global. Selain itu, para produsennya juga semakin meningkatkan kualitas kendaraan yang diproduksinya.

camarguscom
Mobil Geely (Sumber : camargus.com)

Bukti perkembangan dunia otomotif di China adalah Volvo, produsen asal Swedia yang diambil alih oleh Geely, yang tadinya dimiliki oleh Ford. Geely Group sebelumnya hanyalah perusahaan pemasok komponen pendingin udara, namun hanya dalam waktu sekitar dua puluh tahun, Geely menjelma menjadi salah satu pabrikan mobil terbesar di China. Bahkan pada tahun 2009 Geely mulai masuk ke Indonesia dengan membawa varian sedan hatchbacknya seperti MK dan MK2. Dengan membanderol produknya pada kisaran angka Rp 120 Juta – Rp 140 Juta untuk on the road Jakarta Geely dapat dikatakan sukses memulai debutnya di Tanah Air.

automiddleeastcom
Mobil Tiggo (Sumber : automiddleeast.com)

Selain Geely, ada juga produsen China lainnya yang juga merambah pasar otomotif Tanah Air. Yakni Chery dengan produknya Chery QQ dan Tiggo. Namun sayangnya, pada tahun 2011 Chery mengalami pelemahan dan hanya sanggup mengirim 185 unit saja ke Tanah Air. Meskipun sempat bangkit pada tahun 2012 dengan menjual 215 unit, namun setelah itu sudah tidak ada lagi data mengenai mobil ini yang terjual.

wuling-hong-guang-2016
Mobil Wuling(Sumber : otomotif.kompas.com)

Uniknya lagi, pada tahun ini, produsen China juga akan kembali merambah tanah air dengan satu merk baru bernama Wuling. Wuling sendiri adalah perusahaan China yang masuk dalam 10 produsen otomotif terbesar di negaranya. Apakah Wuling berhasil merambah ke pasar Indonesia?

Baca Lainnya   Seusai Lebaran, Uji Coba Pelat Ganjil Genap